gambar

gambar

teks

SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK 2 XI. IPA 1 SMANDA TAN 28

Selasa, 04 Desember 2012

Keajaiban Langit Transit Venus


Transit Venus (2004)

Venus merupakan planet terdekat ke matahari kedua setelah Merkurius. Venus mengorbit matahari setiap 227,8 hari waktu bumi. Yang menarik adalah, arah rotasi venus yang berlawanan arah dengan jarum jam.


Secara fisik, Venus memiliki diameter 12.104 km. Komposisi venus yang sebagaian besar terdiri dari Karbondiosida dan Nitrogen menyebabkan tidak ada kehidupan di Venus. Hal ini terjadi karena suhu permukaan Venus sangat tinggi.


Terlepas dari itu semua, Venus tetap saja menyuguhkan pemandangan yang indah bagi penduduk di Bumi. Selain warnanya yang cemerlang dan terlihat indah, untuk tahun ini Venus akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Bisa dikatakan sebagai salah satu Keajaiban langit.

Keajaiban Langit itu adalah Transit Venus. Tentu hal ini akan sangat menarik bagi para penggemar astronomi di seluruh dunia. Hampir seluruh penduduk di Bumi bisa menyaksikan fenomena langka ini.

Transit Venus merupakan fenomena alam yang terjadi ketika venus melintas di antara Matahri dan Bumi. Transit Venus akan terjadi pada tanggal 6 Juni 2012. Bisa dikatakan Transit venus merupakan fenomena mampirnya Venus ke muka Matahari. Peristiwa ini akan terlihat seperti obyek hitam kecil yang bergerak di permukaan Matahri.

Menurut para ahli astronomi, fenomena transit venus terjadi secara berulang. Transit venus sebelumnya terjadi pada tanggal 8 Juni 2004, bulan Desember 1974 dan Desember 1982. Dan setelah fenomena Transit Venus tahun ini, diprediksi akan terjadi lagi pada bulan Desember 2117 dan Desember 2125.

Untuk menyaksikan secara langsung Keajaiban langit yang satu ini, memerlukan teleskop khusus yang sudah dilengkapi dengan filter agar tidak merusak mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar