gambar

gambar

teks

SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK 2 XI. IPA 1 SMANDA TAN 28

Selasa, 04 Desember 2012

Tokoh Tokoh Biologi


Sebelumnya saya telah menulis beberapa tokoh-tokoh biologi terkenal yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi. Kali ini saya akan melanjutkan menulis tentang tokoh-tokoh biologi terkenal lainnya yang telah banyak melakukan penelitian-penelitian demi kemajuan dan perkembangan ilmu biologi. Yuk kita simak bersama uraian singkat berikut ini :

1. Karl Landsteiner (1868-1943)
Karl Landsteiner merupakan ahli di bidang fisiologi dan kedokteran. Karl Landsteiner adalah seorang ilmuwan terkenal berkebangsaan Austria. Karl Lansteiner adalah ilmuwan yang menemukan penggolongan darah A, B dan O. Di samping itu juga menggolongkan darah berdasarkan sistem rhesus. Atas jasanua itu ia memperoleh hadia nobel tahun 1940.


2. Ibnu Al-Nafis Damishqui (1213-1288)
Ibnu Al-Nafis merupakan orang pertama yang mampu mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia. secara tepat. Penemuan besar ini terjadi sekitar tahun 1242. Ibnu Al-Nafis ketika itu mampu menggambarkan secara detail aliran darah mellaui paru-paru dan membentuk sistem sirkulasi darah. 
3. Antonie Lavoisier (1743-1794)
Antonie Lavoisier adalah ilmuwan pertama yang menemukan istilah oksigen yang ia ambil dari bahasa Yunani yang berarti pembuat asam. Antonie Lavoisier adalah ahli di bidang fifiologi. Antonie Lavoisier telah banyak melakukan percobaan-percoban di bidang fisiologi.


4. Claude Bernard (1813-1878)
Claude Bernard adalah seorang ahli fisiologi yang berkebangsaan Perancis. Penemuannya yang terkenal adalah cara tubuh mempertahankan keseimbangan konsentrasi cairan tubuh. Hal inilah yang akhirnya menjadi dasar perkembangan homeostasis.


5. Johannes Purkinje (1787-1869)
Johannes Purkinje adalah seorang ahli saraf. Johannes Purkinje adalah seorang ilmuwan berkebangsaan Chechna. Johannes Purkinje adalah ilmuwan yang pertama kali mengethaui keberadaan sel purkinje. Sel Purkinje merupakan sebuah neuron besar yang terdapat di otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar