gambar

gambar

teks

SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK 2 XI. IPA 1 SMANDA TAN 28

Selasa, 04 Desember 2012

Vitamin untuk Kita, Apa saja sih?




Vitamin banyak terdapat pada sayuran

Vitamin adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun kebutuhan vitamin pada tubuh kita sebenarnya relatif lebih sedikit jika dibanding dengan zat-zat makanan lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa vitamin merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, kesehatan dan reproduksi.


Tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, sehingga kebutuhan vitamin diperoleh dari luar yaitu melalui bahan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Nah, orang yang kekurangan vitamin biasa kita sebut dengan istilah avitaminosis. Sedangkan orang yang kelebihan vitamin dalam tubuh biasa kita sebut dengan hipervitaminosis.


Untuk menghindari kekurangan dan kelebihan vitamin tersebut, konsumsi vitamin harus diperhitungkan secara teratur. Di samping itu kita harus mengetahui, sifat-sifat vitamin sehingga vitamin yang kita konsumsi tidak mubazir. Vitamin memiliki sifat mudah rusak dan cepat hilang fungsinya jika mengalami pemanasan berlebih. Inilah yang menyebabkan seseorang mengalami avitaminosis karena salah dalam mengolah bahan makanan yang dikonsumsinya. Yuk kita kenali vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh dibutuhkan oleh tubuh kita.

Vitamin Larut Dalam Lemak
Vitamin A
Vitamin A bisa kita peroleh pada putih telur, mentega, sayuran hijau, dan minyak hati ikan. Vitamin A berfungsi untuk pertumbuhan, kesehatan mata dan kulit. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, perubahan kulit dan pertumbuhan lambat.


Vitamin D
Vitamin D dapat kita peroleh pada susu, hati, telur dan minyak ikan. Vitamin D berfungsi untuk pertumbuhan dan menjaga membran sel serta fungsi reproduksi. Kekurangan vitamin D menyebabkan kelainan tulang dan gigi.


Vitamin E (tokoferol)
Vitamin E dapat kita peroleh dari minyak satyr, mentega, susu dan sayuran. Vitamin E berperan dalam pembekuan darah dan fungsi hati.


Vitamin K
Vitamin K bisa kita peroleh dari sayuran hijau, tomat dan minyak kedelai. Vitamin K berfunsi dalam metabolisme karbohodrat, otot dan fungsi saraf.


Vitamin Larut Dalam Air
Vitamin B1 (thiamin)
Vitamin B1 atau thiamin bisa kita peroleh dari ikan laut, daging sapi, sereal, susu dan kacang kedelai. Vitamin B1 berfungsi dalam metabolisme karbohidrat, pertumbuhan jaringan otot, dan fungsi saraf. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan beri-beri, pertumbuhan terhambat dan kelainan saraf.


Vitamin B2 (riboflavin)
Vitamin B2 terdapat pada susu, telur, daging sapi, ragi, kacang kedelai. Vitamin B2 berfungsi dalam metabolisme karbonat dan pertumbuhan. Kekurangan vitamin B2 menyebabkan beri-beri, pertumbuhan terhambat dan penuaan dini.


Vitamin B3 (niasin)
Vitamin B3 bisa kita peroleh pada sayuran hijau, kentang, selai kacang, tomat, ikan, daging, dan sereal. Vitamin B3 berfungsi dalam pertumbuhan, metabolisme karbonat, pencernaan makanan dan fungsi saraf. Kekurangan vitamin B3 menyebabkan gangguan pencernaan dan saraf.


Vitamin B12
Vitamin B12 terdapat pada hati. Vitamin B12 berperan dalam produksi sel darah merah dan fungsi saraf. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan anemia.


Vitamin C (asam askorbat)
Vitamin C bisa kita dapatkan dari kentang, jeruk, tomat dan sayuran. Vitamin C berfungsi dalam pertumbuhan dan kesehatn gusi. Kekurangan vitamin C menyebabkan radang gusi, sariawan dan pendarahan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar