gambar

gambar

teks

SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK 2 XI. IPA 1 SMANDA TAN 28

Selasa, 04 Desember 2012

Mineral untuk Tubuh Kita



Beberapa makanan yang mengandung mineral

Mineral merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mineral, sebagai nutrien yang diperlukan tubuh berfungsi nuntuk mencegah penyakit, menjaga kesehatan dan sebagai zat penyangga. Mineral juga berperan dalam perubahan energi dan osmosis. Mineral juga berfungsi untuk menambah kekuatan tulang dan gigi. Mineral bisa kita peroleh baik dari tumbuhan maupun hewan.


Lalu, mineral apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yuk kita simak bersama macam-macam mineral, sumber dan fungsinya untuk tubuh kita.


1. Kalsium
Kalsium bisa kita peroleh dari sayuran hijau, susu dan produk olahannya. Kalsium berperan dalam formasi tulang dan gigi. Selain itu Kalsium juga berperan dalam mendukung kontraksi saraf. Kekurangan Kalsium bisa menyebabkan rakhitis dan osteoporosis.

2. Fosfor
Fosfor bisa kita peroleh dari sebagian besar makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang dan transfer energi dalam sel.

3. Iodin
Iodin dapat kita peroleh dari ikan laut dan garam beriodium. Iodin berfungsi dalam aktivitas tiroid. Kekurangan iodin dapat menyebabkan penyakit gondok.

4. Natrium
Natrium dapat kita peroleh dari daging dan garam. Natrium dalam tubuh berfungsi dalam transmisi saraf dan kontraksi otot. Kekurangan natrium menyebabkan kejang-kejang dan dehidrasi.

5. Klorin
Klorin bisa diperoleh pada garam. Klorin berfungsi dalam pembentukan HCL ynag diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Kekurangan klorin menyebabkan kontraksi otot abnormal.

6. Kalium
Kalium banyak terdapat pada buah-buahan. Kalium berfungsi dalam pengaturan detak jantung dan keseimbangan ciran tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan gangguan kerja jantung.

7. Magnesium
Magnesium bisa kita peroleh dari kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan laut dan cokelat. Magnesium berperan dalam pembentukan ATP. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kelelahan dan keseimbagan mental.

8. Zat Besi
Zat bei banyak terdapat pada daging dan sayuran hijau. Zat besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar