gambar

gambar

teks

SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK 2 XI. IPA 1 SMANDA TAN 28

Selasa, 04 Desember 2012

Kenali Kelainan dan Gangguan Pada Tulang



Komposisi ulang normal dan tidak normal

Tulang merupakan salah satu organ terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia dapat berdiri tegal karena tulang. Tulang merupakan salah satu anggota sistem rangka.


Tulang sendiri tersusun atas jaringan ikat tulang yang sanagat kuat. Tulang memiliki fungsi yang sangat sentral bagi manusia. Fungsi itu antara lain ; Sebagai alat gerak, Pelindung organ vital dan lunak, Tempat melekatnya otot, Tempat menyimpan cadangan mineral, Tempat memproduksi sel-sel darah
Tulang bisa tidak dapat berfungsi dengan baik jika tulang mengalami gangguan atau kelainan. Gangguan dan kelainan pada tulang beraneka ragam jenis dan penyebabnya. Yuk kita simak bersama uraian singkat berikut ini.


1. Rakhitis
Rakhitis disebabkan karena kekurangan vitamin D. Hal ini terjadi karena tubuh kurang mendapat sinar matahari yang cukup. Padahal vitamin D dibutuhkan untuk proses pelekatan kalsium pada tulang. Akibatnya adalah kaki anak berbentuk X atau O.


2. Osteoporosis
Osteoporosis merupakan kelainan pada tulang dimana kondisi tulang menjadi lebih lunak dari biasanya. Osteporosis bisa terjadi karena kekurangan hormon-hormon tertentu yang berperan dalam perekatan kalsium pada tulang.


3. Mikrosefalus
Mikrosefalus merupakan kelainan pada tulang kepala bayi dimana ukurannya lebih kecil dari biasanya atau tidak proporsional/semestinya. Penyebabnya adalah kurangnya asupan kalsium ketika masa kehamilan.


4. Patah Tulang (Fraktur)
Patah tulang biasanya disebabkan karena kecelakaan. Patah tulang bisa terjadi dalam dua bentuk, yaitu patah tulang terbuka dan tertutup. Pada kondisi patah tulang terbuka, tulang yang patah mencuat ke permukaan luar sampai merobek kulit luar. Sedangkan patah tulang tertutup, tulang yang patah tidak sampai mencuat keluar permukaan dan tidak sampai melukai kulit.


5. Terkilir
Terkilir disebabkan karena ligamen yang membungkus persendian tertarik. Tertariknya ligamen ini bisa terjadi karenagerakan yang tidak biasanya dilakukan atau karena gerakan yang tiba-tiba.


6. Kelainan Bentuk Tulang Belakang
Kelainan tulang belakang terjadi karena kebiasaan duduk yang tidak tepat atau kebiasaan membawa beban yang sangat berat. Kelainan ini macamnya lordosis, kifosis dan skoliosis.


7. Artritis
Artritis merupakan gangguan pada persendian tulang yang terjadi karena beberapa sebab. Misalnya karena timbunan asam urat (artritis gout), karena menipisnya lapisan tulang rawan (osteoartritis), karena serangan kuman tertentu (artritis eksudatif) atau karena berkurangnya cairan sinoval (artritis sikka). Semuanya menyebabkan sendi menjadi terasa sakit ketika digerakkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar